#TantanganTigaPuluh #05
#Selasa,
5 Januari 2016
“Kenapa ya Gojek bisa
maju?”
“Karena emang idenya
bagus banget.”
“Iyasih tapi faktor
lainnya, Gojek maju soalnya digas. Kalo gak digas ya gak maju.”
“......”
Berbicara tentang kendaraan online.
Hmm. Kenapa kendaraan online? Kenapa gak langsung ojek online aja? Hmm, soalnya
yang dibahas gak cuma ojek.
Emang sih topik ini udah lama
dibahas dan kini pemberi layanan kendaraan online juga sedang kalang kabut di
divisi ojek mereka. Mungkin karena udah hampir menipis duitnya terus masyarakat
kalo dinaikin tarifnya langsung pada lari gak pake ojek lagi.
Eits, tapi yang kita bahas disini
bukan tentang pelayanan di dunia nyata. Tapi pelayanan mereka di onlinenya.
Kita cuma melihat dari faktor gerbang mereka, yaps! Google Play! Loh kok gak
iStore? Soalnya pengguna android lebih banyak dan aku gak pake iOS hahaha. Data
yang dipakai itu yaa hari ini Selasa, 5 Januari 2016. So, langsung kita mulai
aja.
1. GoJek
Oke, siapa sih
pengguna android yang gak tau brand ini? Jelas udah terkenal di beberapa kota
besar di Jogja. Akhir-akhir ini booming karena udah digandeng sama Pak Jokowi
untuk lebih sukses. Nah, kalo kita lihat dari pelayanan mereka di Google Play,
poin yang dicapai 4.1/5. Cukup tinggi kan? Itu yang ngasih rate udah 179.958
orang loh. Bisa jadi, bugs yang ada di aplikasinya udah semakin berkurang dari
sejak awal diluncurkan.
Liat juga
komentar yang ada, wah sangat bagus komentarnya. Eh, eits. Kok dikomentarnya
gak ada nama orang yang ngasih komentar yaa. Hmmm. Sedikit banyak curiga nih
apakah ini untuk memberikan citra masyarakat tentang aplikasi ini yak. Hmm.
Bisa jadi sih. Tapi bisa jadi emang banyak orang yang setuju sama komentarnya,
jadi yaa gak ada namanya.
Setidaknya
dengan rate 4,1/5.0 udah cukup bagus ah.
2. GrabTaxi
Ini nih,
pendatang dari negeri Jiran. Layanan yang paling gue sukai adalah GrabCar.
Gilak ini layanan murah banget kalo kita naik mobil barengan 5 orang aja deh.
Udah murah nyaman. TOP dah pokoknya!
GrabTaxi ini
kalo di Google Play dapet rating lebih tinggi dari GoJek. Poin yang dia punya
ada di angka 4.3/5.0. Sayangnya yang kasih rating masih jauh lebih sedikit
daripada GoJek, baru 97.515 orang yang kasih. Padahal ini udah ada di dua
negara lho. Bisa jadi emang pasar di Indonesia sangat bagus dan banyak, jadi
GrabTaxi yang belum menjamah Indonesia secara kuat lebih sedikit responnya
daripada GoJek yang Cuma di Indonesia aja.
Yaaaa, komentar
yang ada udah kaya di GoJek aja. Gak ada namanya. Komentarnya bagus semua.
Eits, ada satu komentar yang kurang puas sama layanan ini dan yang nge-reviews
udah ada 15 reviewers. Ya tolonglah GrabTaxi diperbaiki aja disini, takutnya
akan semakin banyak orang melihat komentar ini terus pada gak jadi pake.
Opini pribadi
aja sih, aplikasinya GrabTaxi jauh lebih mudah dan responsif dari pada aplikasi
GoJek yang sering banget nge-lag meskipun beberapa kali pembaruan.
Berada di poin
4.3/5.0 dan udah 5 juta kali download udah bagus banget lah yak.
3. BluJek
Mbuh iki
aplikasi kendaraan macam apa. Mungkin saudaranya BluGas yak? Atau segrup sama
Blue Bird? Tauk ah.
Ini kayaknya
masih setengah-setengah buat ngembangin usaha ini. Poinnya aja 2.8/5.0.
setengah lebih sedikit lah. Dan komentarnya yang ada ya Allah kasihan banget,
jelek semua komentarnya. Downloadnya juga baru 100 ribuan dan reviewersnya baru
2.925 orang. Kan dikit banget. Jujur aja aku gak tau ini ada aplikasi ini kalo
gak dikasih tau sama abang pengendara GrabBike! Publikasinya sangat kurang buat
pengembangan aplikasi ini.
Yaa kalo emang
mau serius yaa diseriusin yaa Blu, jangan kita-jalani-dulu-aja, ini bukan
pacaran.
4. LadyJek
Menyasar pasar
yang lebih spesifik, wanita! Tapi, ini aplikasi kayaknya belum menjawab
kebutuhan wanita banget. Menurut gue, wanita tetap merasa nyaman kalo
diboncengin lelaki yang dari ojek resmi. Soalnya udah ada SOP, jadi pengendara
gak berani macem-macem. Nah, mungkin si LadyJek ini ingin membuat wanita lebih
aman kalo sama wanita. Tapi, ah mbuh ah.
Setidaknya ini
punya rating 3.3/5.0, lebih tinggi daripada BluJek. Lho lho tapi reviewersnya
juga dikit banget, cuma 685 orang. Yaa bisa jadi kalo semakin banyak bisa
semakin turun atau malah naik. Terlihat dari komentar-komentar yang ada kok
buruk yaa pelayanan aplikasinya. Bisa merubah pandangan masyarakat tentang
image brand ini lho.
Sounding dari
aplikasi ini masih kurang bagus, apa emang aku bukan pasarnya, tapi tetep aja
masih kecil banget tidak terdengar. Jadi, jangan kita-jalani-dulu-aja yaa kaya
BluJek. Kalo serius yaa sok atuh diperbaiki.
5. Uber
Ini aplikasi
emang udah mendunia. Lihat dari jumlah downloadnya aja udah sampe 10 juta kali
download dan yakin deh di Indonesia masih tidak begitu banyak soalnya kalo
bayar mesti pake kartu kredit dimana kalo di Indonesia orang yang punya kartu
kredit masih orang yang berpenghasilan menengah keatas. Jadi, kalo di Indonesia
jelas masih sedikit.
Enaknya layanan
ini yaa kaya GrabCar nya GrabTaxi. Jauh lebih murha dari taksi dan mobilnya
mobil pribadi gitu, jadi bisa dapet bagus banget dan gak ada tempelan taksinya,
bisa diakuin jadi mobil kita sementara dan mobilnya bisa ganti-ganti. Hahaha.
Enak kan?
Berada di
4.2/5.0 udah bagus untuk aplikasi online yang berbasis offline di seluruh
dunia. Karena gak akan semudah itu mengelola yang udah di beberapa negara dan
mempertahankan di atas poin 4.0 aja udah bagus.
Lihat tuh
komentar-komentarnya, cuma satu komentar yang terekspos kurang baik, tapi
komentarnya juga bukan komentar yang begitu penting. Jadi yaa menurutku bukan
permasalahan yang begitu besar, mungkin bisa diperbaiki aja.
0 komentar:
Posting Komentar