Kamis, 07 Januari 2016

Kendaraan Online

#TantanganTigaPuluh #05 
#Selasa, 5 Januari 2016

“Kenapa ya Gojek bisa maju?”
“Karena emang idenya bagus banget.”
“Iyasih tapi faktor lainnya, Gojek maju soalnya digas. Kalo gak digas ya gak maju.”
“......”

Berbicara tentang kendaraan online. Hmm. Kenapa kendaraan online? Kenapa gak langsung ojek online aja? Hmm, soalnya yang dibahas gak cuma ojek.

Emang sih topik ini udah lama dibahas dan kini pemberi layanan kendaraan online juga sedang kalang kabut di divisi ojek mereka. Mungkin karena udah hampir menipis duitnya terus masyarakat kalo dinaikin tarifnya langsung pada lari gak pake ojek lagi.

Eits, tapi yang kita bahas disini bukan tentang pelayanan di dunia nyata. Tapi pelayanan mereka di onlinenya. Kita cuma melihat dari faktor gerbang mereka, yaps! Google Play! Loh kok gak iStore? Soalnya pengguna android lebih banyak dan aku gak pake iOS hahaha. Data yang dipakai itu yaa hari ini Selasa, 5 Januari 2016. So, langsung kita mulai aja.

1. GoJek


Oke, siapa sih pengguna android yang gak tau brand ini? Jelas udah terkenal di beberapa kota besar di Jogja. Akhir-akhir ini booming karena udah digandeng sama Pak Jokowi untuk lebih sukses. Nah, kalo kita lihat dari pelayanan mereka di Google Play, poin yang dicapai 4.1/5. Cukup tinggi kan? Itu yang ngasih rate udah 179.958 orang loh. Bisa jadi, bugs yang ada di aplikasinya udah semakin berkurang dari sejak awal diluncurkan.

Liat juga komentar yang ada, wah sangat bagus komentarnya. Eh, eits. Kok dikomentarnya gak ada nama orang yang ngasih komentar yaa. Hmmm. Sedikit banyak curiga nih apakah ini untuk memberikan citra masyarakat tentang aplikasi ini yak. Hmm. Bisa jadi sih. Tapi bisa jadi emang banyak orang yang setuju sama komentarnya, jadi yaa gak ada namanya.

Setidaknya dengan rate 4,1/5.0 udah cukup bagus ah.

2. GrabTaxi

Ini nih, pendatang dari negeri Jiran. Layanan yang paling gue sukai adalah GrabCar. Gilak ini layanan murah banget kalo kita naik mobil barengan 5 orang aja deh. Udah murah nyaman. TOP dah pokoknya!

GrabTaxi ini kalo di Google Play dapet rating lebih tinggi dari GoJek. Poin yang dia punya ada di angka 4.3/5.0. Sayangnya yang kasih rating masih jauh lebih sedikit daripada GoJek, baru 97.515 orang yang kasih. Padahal ini udah ada di dua negara lho. Bisa jadi emang pasar di Indonesia sangat bagus dan banyak, jadi GrabTaxi yang belum menjamah Indonesia secara kuat lebih sedikit responnya daripada GoJek yang Cuma di Indonesia aja.

Yaaaa, komentar yang ada udah kaya di GoJek aja. Gak ada namanya. Komentarnya bagus semua. Eits, ada satu komentar yang kurang puas sama layanan ini dan yang nge-reviews udah ada 15 reviewers. Ya tolonglah GrabTaxi diperbaiki aja disini, takutnya akan semakin banyak orang melihat komentar ini terus pada gak jadi pake.

Opini pribadi aja sih, aplikasinya GrabTaxi jauh lebih mudah dan responsif dari pada aplikasi GoJek yang sering banget nge-lag meskipun beberapa kali pembaruan.
Berada di poin 4.3/5.0 dan udah 5 juta kali download udah bagus banget lah yak.

3. BluJek

Mbuh iki aplikasi kendaraan macam apa. Mungkin saudaranya BluGas yak? Atau segrup sama Blue Bird? Tauk ah.

Ini kayaknya masih setengah-setengah buat ngembangin usaha ini. Poinnya aja 2.8/5.0. setengah lebih sedikit lah. Dan komentarnya yang ada ya Allah kasihan banget, jelek semua komentarnya. Downloadnya juga baru 100 ribuan dan reviewersnya baru 2.925 orang. Kan dikit banget. Jujur aja aku gak tau ini ada aplikasi ini kalo gak dikasih tau sama abang pengendara GrabBike! Publikasinya sangat kurang buat pengembangan aplikasi ini.

Yaa kalo emang mau serius yaa diseriusin yaa Blu, jangan kita-jalani-dulu-aja, ini bukan pacaran.

4. LadyJek

Menyasar pasar yang lebih spesifik, wanita! Tapi, ini aplikasi kayaknya belum menjawab kebutuhan wanita banget. Menurut gue, wanita tetap merasa nyaman kalo diboncengin lelaki yang dari ojek resmi. Soalnya udah ada SOP, jadi pengendara gak berani macem-macem. Nah, mungkin si LadyJek ini ingin membuat wanita lebih aman kalo sama wanita. Tapi, ah mbuh ah.

Setidaknya ini punya rating 3.3/5.0, lebih tinggi daripada BluJek. Lho lho tapi reviewersnya juga dikit banget, cuma 685 orang. Yaa bisa jadi kalo semakin banyak bisa semakin turun atau malah naik. Terlihat dari komentar-komentar yang ada kok buruk yaa pelayanan aplikasinya. Bisa merubah pandangan masyarakat tentang image brand ini lho.

Sounding dari aplikasi ini masih kurang bagus, apa emang aku bukan pasarnya, tapi tetep aja masih kecil banget tidak terdengar. Jadi, jangan kita-jalani-dulu-aja yaa kaya BluJek. Kalo serius yaa sok atuh diperbaiki.

5. Uber

Ini aplikasi emang udah mendunia. Lihat dari jumlah downloadnya aja udah sampe 10 juta kali download dan yakin deh di Indonesia masih tidak begitu banyak soalnya kalo bayar mesti pake kartu kredit dimana kalo di Indonesia orang yang punya kartu kredit masih orang yang berpenghasilan menengah keatas. Jadi, kalo di Indonesia jelas masih sedikit.

Enaknya layanan ini yaa kaya GrabCar nya GrabTaxi. Jauh lebih murha dari taksi dan mobilnya mobil pribadi gitu, jadi bisa dapet bagus banget dan gak ada tempelan taksinya, bisa diakuin jadi mobil kita sementara dan mobilnya bisa ganti-ganti. Hahaha. Enak kan?

Berada di 4.2/5.0 udah bagus untuk aplikasi online yang berbasis offline di seluruh dunia. Karena gak akan semudah itu mengelola yang udah di beberapa negara dan mempertahankan di atas poin 4.0 aja udah bagus.

Lihat tuh komentar-komentarnya, cuma satu komentar yang terekspos kurang baik, tapi komentarnya juga bukan komentar yang begitu penting. Jadi yaa menurutku bukan permasalahan yang begitu besar, mungkin bisa diperbaiki aja.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar